Sabtu, 31 Maret 2012

Musik Reggae

ini sedikit mengenai musik Reggae


 Reggae merupakan salah satu genre musik yang berkembang di Jamaika pada awal tahun 60-an. Banyak yang berpendapat musik Reggae merupakan evolusi dari musik ska dan rocksteady. Kata “reggae” diduga berasal dari pengucapan dalam logat Afrika dari kata “ragged” (gerak kagok–seperti hentak badan pada orang yang menari dengan iringan musik ska atau reggae). Biasanya reggae memiliki tempo lebih lambat daripada ska maupun rocksteady. Boleh jadi karena hingar bingar dan tempo cepat Ska dan Rocksteady kurang mengena dengan kondisi sosial dan ekonomi di Jamaika yang sedang penuh tekanan sehingga banyak musisi reggae pada saat itu menciptakan musik baru dengan tempo yang lebih lambat tetapi tetap dengan irama yang lebih enak untuk didengar dan pas untuk kondisi pada saat itu.
    Diberbagai dunia Reggae sangat berkembang pesat. Dulu pada awal kemunculan musik Reggae banyak yang menganggap musik ini kurang baik karena biasanya musik Reggae identik dengan narkoba. Berawal dari munculnya berbagai musisi yang berasal dari Jamaika yang menyebarkan musik Reggae ini, kini Reggae sangat berkembang pesat di dunia salah satunya di Indonesia. Di Indonesia sendiri kini banyak bermunculan band-band yang mengusung genre Reggae untuk warna musik bandnya.




TOKOH MUSIK REGGAE


1. Bob Marley






    Tidak bisa disangkal, pria yang lahir 6 Februari 1945 di Sain ann Jamaika ini, merupakan tokoh paling berpengaruh dalam perkembangan musik reggae. Penyanyi yang bernama lengkap Robert Nesta Marley ini dianggap berhasil dalam memperkenalkan musik Reggar ke seluruh dunia. The Wailing Wailers merupakan Album pertamanya yang dirilis pada tahun 1965. Album “Catch A Fire” (1972) yang diluncurkan Bob Marley and The Wailers dengan cepat melambungkan reggae hingga ke luar Jamaika. Kepopuleran reggae di Amerika Serikat ditunjang pula oleh film The Harder They Come (1973) dan dimainkannya irama reggae oleh para pemusik kulit putih seperti Eric Clapton, Paul Simon, Lee ‘Scratch’ Perry dan UB40. Irama reggae pun kemudian mempengaruhi aliran-aliran musik pada dekade setelahnya, sebut saja varian reggae hip hop, reggae rock, blues, dan sebagainya.

2. Tony Q Rastafara 

 


 
Tony Waluyo Sukmoasih (populer dengan nama Tony Q atau Tony Q Rastafara, lahir di semarang   adalah seorang penyanyi beraliran reggae sejak tahun 1989. Dia bersama grup musiknya Rastafara memopulerkan istilah "rambut gimbal" di Indonesia lewat lagu dengan judul yang sama pada tahun 1996. Tony Q telah menjadi ikon musik reggae Indonesia. Dia dianggap sebagai pelopor reggae di Indonesia, karena dia tak hanya berkecimpung di ragam tersebut sejak lama, namun juga mengembangkan karakter musik reggaenya sendiri, dimana dia memasukkan banyak unsur tradisional Indonesia ke musiknya, dan mengangkat tema-tema khas Indonesia dalam musiknya





Ini sedikit mengenai musik Reggae dan tokohnya, semoga menambah wawasan anda semua
 "WOOOOYYYYOOOOOO...........MAAANNN"



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons